PEMAHAMAN KONSEP
MANAJEMEN DENGAN KONSEP ORGANISASI
RaisahSurbakti
Pemahaman
konsep manajemen tidak dapat dipisahkan dari pemahaman konsep organisasi. Dalam
konsep yang sederhana organisasi adalah tempat orang-orang yang bekerjasama
untuk mencapai tujuan tertentu. Jadi sasaran atau tujuan merupakan elemen yang
mendasar dalam organisasi apapun. Organisasi juga harus memiliki dan
mengalokasikan sumber daya (manusia, modal, fisik, uang) untuk mencapai
sasaran. Bagaimana organisasi mengelola dan mengalokasikan sumberdaya yang
dimilikinya untuk mencapai tujuannya adalah masalah pokok manajemen.
Stoner
dan kawan-kawan (1996) mendefinisikan manajemen adalah kebiasaan yang dilakukan
secara sadar dan terus menerus dalam membentuk dan menjalankan organisasi. Semua
organisasi mempunyai orang yang bertanggung jawab terhadap organisasi untuk
mencapai sasarannya, orang tersebut adalah manajer.
Memperkuat
pendapat Stoner, Gibson dan kawan-kawan (1996) mendefinisikan manajemen adalah
suatu proses yang dilakukan oleh satu atau lebih individu untuk mengkoordinasikan
berbagai aktivitas untuk mencapai hasil-hasil yang lebih baik yang tidak dapat
dicapai apabila individu bertindak sendiri-sendiri. Lebih jauh Peter Drucker
percaya bahwa pekerjaan manajemen adalah untuk membuat manusia lebih produktif.
Drucker mengkaitkannya pentingnya manajemen dalam kaitannya dengan persaingan
global. Drucker menyatakan ” Manajemen, kecakapan, integritas, dan kinerja akan
menentukan negara-negara di dunia mencapai keunggulannya dalam dekade yang akan
datang.
Definisi
manajemen yang mengarah kepada fungsi dan proses manajemen dikemukakan oleh
Andrew F. Sikula dalam Malayu Hasibuan (2005) ”Management in general
refers to planning, organizing, controlling, staffing, leading, motivating, communicating
and decision making activities performed by any organization in order to
coordinate the varied resources of the enterprise so asto bring and efficient
creation of some product or services.”
Pendapat
lainnya 19 dikemukakan oleh Harold dan Cyril O. Donnel mengungkapkan bahwa
manajemen adalah usaha mencapai tujuan tertentu suatu organisasi melalui
kegiatan orang lain yang dilakukan oleh manajer melalui proses perencanaan,
pengorganisasian, penempatan, pengarahan dan pengendalian.
Dari
berbagai definisi manajemen diatas dapat disimpulkan bahwa manajemen selalu
berhubungan dengan institusi dan fungsi sebuah organisasi. Manajemen sebagai
suatu fungsi dan proses menyangkut sejumlah tugas-tugas yang kompleks di dalam
kerangka menjamin tercapainya suatu tujuan. Sedangkan manajemen sebagai suatu
institusi menggambarkan sejumlah orang-orang untuk mengisi tugas-tugas yang
diatur oleh organisasi tersebut. Kedua hal tersebut tidak dapat dipisahkan satu
sama lain. Karena itu kajian ini akan membuktikan apakah pengurus koperasi beserta
perangkat-perangkatnya yang dimiliki dan dikuasainya melaksanakan fungsi-fungsi
manajemen secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan koperasinya?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar