Filsafat Pendidikan DalamArti
Luas dan Sempit
o/RaisahSurbalti, MPd
Mahasiswa Program Doktor MP PASCA UNIMED
Mudah-mudahan sedikit tulisan ini untuk mengingat kembali tentang mata kuliah : Filsafat Pendidikan
Filsafat Pendidikan, sesuatu yang menyelidiki hakikat pelaksanaan pendidikan yang bersangkut paut dengan
tujuan, latar belakang, cara,
dan hasilnya, serta hakikat ilmu pendidikan, yang bersangkut paut dengan analisis kritis terhadap
struktur dan kegunaannya.
(B. Othanel Smith, Philosophy of Education, Encyclopedia of Educational Research, hlm. 957-963).
Filsafat Pendidikan dalam arti luas dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu
(1) Filsafat Praktek Pendidikan, dan
(2) Filsafat Ilmu Pendidikan.
·
Filsafat
Praktek Pendidikan adalah analisis
kritis dan komprehensif tentang bagaimana seharusnya pendidikan diperaktekkan/diselenggarakan dan dilaksanakan dalam kehidupan manusia. Filsafat Praktek Pendidikan
dapat dibedakan lagi menjadi:
(1) Filsafat Proses Pendidikan (biasanya hanya disebut
Filsafat Pendidikan) dan
(2) Filsafat Sosial Pendidikan.
Filsafat Proses Pendidikan adalah analisis kritis dan komprehensif tentang bagaimana seharusnya kegiatan pendidikan
dilaksanakan dalam kehidupan
manusia.
Filsafat Proses Pendidikan biasanya
membahas tiga masalah pokok, yaitu:
(1) apakah sebenarnya pendidikan itu;
(2) apakah tujuan pendidikan itu sebenarnya; dan
(3) dengan cara apakah tujuan pendidikan dapat
dicapai. (Henderson; 1959: 237)
·
Filsafat
Sosial Pendidikan, antara lain dikemukakan oleh T.W. Moore dalam Philosophy
of Education yang dibataskan
sebagai pembahasan
hubungan antara penataan masyarakat manusia dengan pendidikan. Dengan kata lain, dapat pula
dibataskan secara lebih
konseptual,
Filsafat Sosial Pendidikan merupakan analisis kritis dan komprehensif tentang
bagaimana seha rusnya pendidikan diselenggarakan
dalam mewujudkan tatanan masyarakat manusia idaman. Sehubungan dengan batasan tersebut,
T.W. Moore mengemukakan tiga masalah pokok yang dibahas
dalam Filsafat Sosial Pendidikan,
yaitu (1) hakikat kesamaan manusia dan pendidikan,
(2) hakikat kemerdekaan dan pendidikan,
dan
(3) hakikat demokrasi dan pendidikan.
Tulisan ini mempokuskan
tentang filsafat ilmu pendidikan
Istilah Filsafat Ilmu Pendidikan (Philosophy
of Educational Science)
ditemukan dalam
karangan B. Othanel Smith, Philosophy of Educational dalam pembahasan tentang Philosophical
Investigation: Conclusions and Issues yang terdapat dalam Encyclopedia
of Educational
Research (h: 962).
Menurut Smith, dewasa ini studi filosofis tentang Ilmu Pendidikan baru merupakan
tingkat permulaan, yang diawali
dengan analisis kritis terhadap konsep-konsep psikologi pendidikan, misalnya tentang teori belajar S — R, pengukuran pendidikan, prosedur-prosedur sistematis tentang
penyusunan kurikulum, dan
sebagainya. Secara lebih konsepsional,
Filsafat Ilmu Pendidikan dapat dibataskan sebagai analisis
kritis komprehensif tentang
pendidikan sebagai salah satu bentuk teori pendidikan yang dihasilkan melalui riset, baik
kuantitatif maupun kualitatif.
Oleh. Raisah Surbakti,MPd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar