Kamis, 16 Agustus 2012

Filsafat Pendidikan DalamArti Luas dan Sempit


Filsafat Pendidikan DalamArti Luas dan Sempit
o/RaisahSurbalti, MPd
Mahasiswa Program Doktor MP PASCA UNIMED
Mudah-mudahan sedikit tulisan ini untuk mengingat kembali tentang mata kuliah : Filsafat Pendidikan
Filsafat Pendidikan, sesuatu yang menyelidiki hakikat pelaksanaan pen­didikan yang bersangkut paut dengan tujuan, latar belakang, cara, dan hasilnya, serta hakikat ilmu pendidikan, yang ber­sangkut paut dengan analisis kritis terhadap struktur dan ke­gunaannya. (B. Othanel Smith, Philosophy of Education, Ency­clopedia of Educational Research, hlm. 957-963).
Filsafat Pendidikan dalam arti luas dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu
(1) Filsafat Praktek Pendidikan, dan
(2) Filsafat Ilmu Pendidikan.
·                  Filsafat Praktek Pendidikan adalah analisis kritis dan komprehensif tentang bagaimana seharusnya pendidikan diperaktekkan/diselenggarakan dan dilaksanakan dalam kehidupan manusia. Filsafat Praktek Pendidikan dapat dibedakan lagi menjadi:
(1) Filsafat Proses Pendidikan (biasanya hanya disebut Filsafat Pendidikan) dan
(2) Filsafat Sosial Pendidikan.
Filsafat Proses Pendidikan adalah analisis kritis dan komprehensif tentang bagaimana seharusnya kegiatan pendidikan dilaksanakan dalam kehidupan manusia.
Filsafat Proses Pendidikan biasanya membahas tiga masalah pokok, yaitu:
 (1) apakah sebenarnya pendidikan itu;
(2) apakah tujuan pendidikan itu sebenarnya; dan
(3) dengan cara apakah tujuan pendidikan dapat dicapai. (Henderson; 1959: 237)
·         Filsafat Sosial Pendidikan, antara lain dikemukakan oleh T.W. Moore dalam Philosophy of Education yang dibataskan sebagai pembahasan hubungan antara penataan masyarakat manusia dengan pendidikan. Dengan kata lain, dapat pula dibataskan secara lebih konseptual,
 Filsafat Sosial Pendidikan merupakan analisis kritis dan komprehensif tentang bagaimana seha      rusnya pendidikan diselenggarakan dalam mewujudkan tatanan masyarakat manusia idaman. Sehubungan dengan batasan tersebut,
T.W. Moore menge­mukakan tiga masalah pokok yang dibahas dalam Filsafat Sosial Pendidikan, yaitu (1) hakikat kesamaan manusia dan pendidikan,
(2) hakikat kemerdekaan dan pendidikan, dan
(3) hakikat demo­krasi dan pendidikan.
Tulisan ini mempokuskan tentang filsafat ilmu pendidikan
Istilah Filsafat Ilmu Pendidikan (Philosophy of Educational Sci­ence) ditemukan dalam karangan B. Othanel Smith, Philosophy of Educational dalam pembahasan tentang Philosophical Investigation: Conclusions and Issues yang terdapat dalam Encyclopedia of Educa­tional Research (h: 962).
 Menurut Smith, dewasa ini studi filosofis tentang Ilmu Pendidikan baru merupakan tingkat permulaan, yang diawali dengan analisis kritis terhadap konsep-konsep psikologi pendidikan, misalnya tentang teori belajar S — R, pengukuran pendidikan, prosedur-prosedur sistematis tentang penyusunan kurikulum, dan sebagainya. Secara lebih konsepsional,
Filsafat Ilmu Pendidikan dapat dibataskan sebagai analisis kritis komprehensif tentang pendidikan sebagai salah satu bentuk teori pendidikan yang dihasilkan melalui riset, baik kuantitatif maupun kualitatif.
          Oleh. Raisah Surbakti,MPd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar