Minggu, 02 Agustus 2020

NASEHAT BIJAK ALI BIN ABI THALIB"

 Ini adalah  Nasehat  bijak atau indah dari Sayidina Ali bin Abi Thalib, Karamallahu wajhah, di antaranya:

1. Jangan membenci siapapun meski ia melanggar hakmu.

Jadikan sikap buruk orang sebagai ladang amal untuk melatih kelapangan hati dan ambil hikmahnya sebab semua pasti ada maksud baik Allah. Sikap husnudzon perlu diamalkan secara istiqamah, yang insya Allah akan diperoleh hasilnya di kemudian hari.

 2. Jangan panik meski penderitaan sedang memuncak.

Allah tidak pernah meninggalkan hambaNya yang baik dan shabar.

 Sabar itu indah. Sabar itu menyelamatkan, terutama diri sendiri, walaupun dapat juga selamatkan orang lain.

Sabar itu sangat disenangi oleh Allah SWT.

 3. Hiduplah sederhana meski statusmu semakin tinggi.

Allah benci orang yang lupa diri dan sombong.

Karena itu membangun sikap tawadlu dan tidak berlebih-lebihan sangatlah penting dan bisa menjadi kebutuhan kita untuk menjaga kemuliaan. kuluu wasrobu wala tusrifu innahu la yuhibul musrifin artinya: makan dan minumlah tetapi jangan berlebihan, sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan(QS Al-Arof:31)

 4. Berharaplah kebaikan meski engkau sedang ditimpa bencana bertubi-tubi.

Malam dengan gelapnya pasti berlalu berganti terang, asal sabar melewati. Sikap optimisme perlu kita memiliki dalam menghadapi setiap musibah. Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian. Bersakit sakit dahulu, bersenang-senang kemudian.

 5. Berikan sebanyak yang kau punya meski kau sedang dalam kesulitan.

Untuk mewujudkan ketakwaan, kita berinfaq dalam waktu longgar dan sempit. Orang bertaqwa (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.. (QS. Ali Imran: 134)

 6. Senyumlah meski hatimu mengucurkan darah (karena derita berat).

Kemampuan menyimpan kesulitan dalam hati dapat memperteguh ketahanan mental. Rasa sukaria yang terkontrol dapat menyelamatkan diri dari sukaria kelewat batas.

 7. Jangan hentikan doamu untuk saudaramu sesama muslim meski ia tidak sedang bersamamu (tanpa sepengetahuannya).

 Doa seorang muslim untuk saudaranya yang dilakukan tanpa sepengetahuan orang yang didoakannya adalah doa yang akan dikabulkan. Setiap kali dia berdoa untuk saudaranya dengan sebuah kebaikan, maka Malaikat tersebut berkata: Aamiin dan engkau pun mendapatkan apa yang ia dapatkan. (HR Muslim)

 8. Siapa yang memandang dirinya buruk maka dia adalah orang yang baik. Dan siapa yang memandang dirinya baik, dia adalah orang yang buruk. Di satu sisi kita sangat dianjurkan untuk rendah hati atau tawadlu dalam hidup.

 9. Orang-orang yang suka berkata jujur mendapatkan tiga hal,kepercayaan,cinta, dan rasa hormat.

Berkata jujur itu baik sekali dan seharusnya dimiliki oleh siapapun, terlebih-orang yang memiliki posisi kepemimpinan. Itu baru berkata jujur. Bagaimana jika seseorang bersikap, berkata, dan bertindak jujur? Saya bisa yakini bahwa dia akan dengan mudahnya mendapatkan kepercayaan (trust), cinta dan rasa hormat (respek). Kehadirannya Akan diterima dengan total.

   💕 Semoga Bermanfaat

 (sumber : Ringkasan tulisan Prof Dr.Rochmat Wahab,MPd, MA),


Tidak ada komentar:

Posting Komentar